HUBUNGAN PENERAPAN STANDARISASI PELAYANAN PRIMA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH KABUPATEN KUTAI TIMUR
DOI:
https://doi.org/10.55770/tn.v3i1.75Keywords:
Penerapan Standarisasi, Pelayanan Prima, Kinerja PegawaiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mencari hubungan antara penerapan standarisasi pelayanan prima terhadap kinerja pegawai badan kepegawaian daerah kabupaten kutai timur serta persentase yang ditimbulkan dari hubungan tersebut. Sampel yang digunakan yaitu dengan metode pengambilan sampelnya menggunakan simple random sampling yaitu cara pengambilan sampel dari anggota populasi dengan menggunakan acak tanpa memperhatikan strata (tingkatan) dalam anggota populasi tersebut dengan jumlah populasi sebanyak 140 orang dan sampel 33 orang pegawai badan kepegawaian daerah Kutai Timur. Metode penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian Kuantitatif dengan menggunakan metode survey dengan menggubakan kuisioner sebagai sumber data utamanya, metode analisis data yaitu uji instrument dengan menggunakan uji normalitas, uji validasi, sementara untuk mencari hubungan serta presentasenya digunakan uji koefisien korelasi product moment dan uji determinasi yang pengujian dilakukan dengan SPSS versi 20. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya hubungan yang positif dan signifikan antara penerapan standarisasi pelayanan prima terhadap kinerja pegawai Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Kutai Timur, hal ini dibuktikan dengan diperoleh nilai korelasinya sebesar 0,423 yang berarti terdapat hubungan yang positif antara kedua variabel, hal ini termasuk pada kategori sedang, sedangkan nilai presentasenya adalah sebesar 17,9%
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2017 STIE Nusantara Sangatta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.