PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DALAM MENGGUNAKAN JASA CLEANING SERVICE DI KANTOR BUPATI KABUPATEN KUTAI TIMUR
DOI:
https://doi.org/10.55770/tn.v3i1.79Keywords:
Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen, Cleaning ServiceAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen dalam menggunakan jasa Cleaning Service di kantor Bupati Kutai Timur. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari kuesioner (primer) dan beberapa wawancara langsung dengan konsumen atau pengguna jasa Cleaning Service di kantor Bupati Kutai Timur. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana dengan menggunakan uji hipotesis, yaitu uji t. Adapun hasil dari penelitian ini diperoleh bentuk persamaan regresi sederhana Y = 5,186 + 0,166X. Nilai koefisien korelasi (r) adalah 0,431. Hal ini menunjukkan yang terdapat hubungan yang sedang antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen, sedangkan nilai koefisien determinasi (R-Square) adalah sebesar 0,186 yang bermakna bahwa variabel kepuasan konsumen (X) memberikan pengaruh sebesar 18,6% terhadap kepuasan konsumen dalam menggunakan jasa cleaning service di kantor Bupati Kabupaten Kutai Timur. Sedangkan sisanya sebesar 81,4% dipengaruhi variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Pengujian hipotesis menunjukkan koefisien regresi signifikan karena ρ=0,000<0,05 (dengan tingkat signifikansi 5%). Serta t-hitung sebesar 3,763 lebih besar t-tabel 1,999, sehingga dapat disimpulkan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak dengan kata lain terdapat pengaruh positif signifikan antara kualitas pelayanan (X) terhadap kepuasan konsumen (Y) dalam menggunakan jasa cleaning service di kantor Bupati Kabupaten Kutai Timur.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2017 STIE Nusantara Sangatta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.